SEJARAH CAMPUS MINISTRY

Campus Ministry (CM) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta belum ada ketika lembaga perguruan jesuit ini didirikan pada tahun 1955. CM baru didirikan pada kurun waktu paruh pertama tahun 1990-an ketika IKIP Sanata Dharma berubah menjadi Universitas Sanata Dharma. CM lahir ketika perguruan tinggi Sanata Dharma berubah, yaitu dari sebuah institut keguruan menjadi sebuah universitas dengan sejumlah fakultas. Di universitas ini, CM diharapkan menjadi unit kerohanian kampus yang mengelola hal ikhwal di seputar kegiatan kerohanian serta pengembangan spiritualitas dan solidaritas.

Pada masa Rektorat USD dipimpin Dr. P. Wiryono, SJ (2006-2009), CM ditempatkan dalam satu rumpun “unsur pendukung” dengan Pusat Studi Ignasian (PSI) yang sudah didirikan pada masa Rektorat sebelumnya dan dengan Sekretariat Mission and Identity (SMI) yang baru saja didirikan.

CM, PSI, dan SMI dalam satu rumpun ini pada dasarnya mengemban tugas untuk membantu pimpinan universitas dalam rangka mewujudkan ciri khas USD sebagai universitas jesuit, yaitu antara lain dengan memperkenalkan, menumbuhkan, memelihara, dan mendinamisasi Spiritualitas Ignatian dalam lingkungan hidup bersama dan pelayanan civitas academica USD.

Share this Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *