St Robertus Bellarminus

Pelindung Universitas Sanata Dharma

Robertus Bellarminus (Roberto Francesco Romolo Bellamino), lahir di Montepulciano, Italia Tengah pada tanggal 4 Oktober 1542, adalah seorang Imam Serikat Yesus yang terkenal sangat cerdas. Beliau adalah seorang profesor teologi yang sudah menelurkan banyak karya-karya monumental. Beberapa karyanya yang termashyur adalah Tafsir Kitab Mazmur, Ketujuh Sabda Terakhir Yesus sebelum Wafat di Kayu Salib, Katekismus Kecil dan Besar yang kemudian diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa, serta yang terakhir adalah Ars Moriendi.

Bellarminus pernah menjabat sebagai Provinsial Jesuit di Roma. Kemudian beliau diangkat menjadi Uskup Capua oleh Paus Klemens VIII. Tak lama setelah menjadi uskup, beliaupun dipanggil oleh Paus Paulus V ke Roma untuk menangani beberapa tugas penting gereja sebagai Kardinal.

Selama hidupnya, beliau selalu tampil sederhana dan suci serta mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap gereja. Beliau dinyatakan sebagai Beato oleh Paus Pius XI pada tanggal 13 Mei 1923, serta sebagai Santo pada tanggal 29 Juni 1930, lalu sebagai Pujangga Gereja pada tanggal 17 September 1931, yang di kemudian hari diperingati sebagai Hari Santo Robertus Bellarminus.

Robertus Bellarminus adalah sosok yang patut dijadikan teladan dalam membela nilai-nilai gerejani pada zamannya, yang ditentang oleh kelompok-kelompok reformasi di bawah Luther dan Calvin. Pembelaan-pembelaan yang dilakukan oleh Bellarminus dilakukan dengan cara yang sangat elegan, yaitu dengan membuka dialog dan saling bertukar pandangan mengenai keyakinan masing-masing.

Kapel St Robertus Bellarminus Universitas Sanata Dharma

Robertus Bellarminus juga adalah sosok yang terbuka pada perkembangan ilmu pengetahuan sebab beliau sendiri adalah seorang akademisi yang berpengaruh, namun dengan tetap memegang teguh nilai-nilai yang terkandung di dalam Kitab Suci. Santo Robertus Bellarminus adalah teladan Gereja akan kedalaman pengetahuan dan kerohanian.
AMDG

Share this Post