Kebenaran Yang Memerdekakan

gigih Gereja Kampus Leave a Comment

Dalam rangka menyambut perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2018/ 2019, Universitas Sanata Dharma bersama Campus Ministry mengadakan Perayaan Ekaristi Awal Semester Genap pada hari Senin, 11 Februari 2019. “Kebenaran yang Memerdekakan” adalah tema perayaan ekaristi awal semester genap pada tahun ini. Ekaristi diadakan di Kapel St. Robertus Bellarminus Kampus USD Mrican dan Ground Gedung Utama USD Paingan pukul 07.15 WIB. Ekaristi tersebut dihadiri oleh segenap civitas akademika USD.

Ekaristi di Kampus Paingan dipimpin oleh Romo Galih Arga Wiwin Aryanto, Pr. atau yang akrab disapa Romo Galih. Beliau merupakan salah satu dosen dari Fakultas Teologi USD. Dalam kotbahnya, Romo Galih memberi pengantar dengan cerita ramalan Nostradamus mengenai Para Paus yang akan memimpin Gereja Katolik sebelum akhir zaman. Ramalan Nostradamus sendiri diyakini sebagai kebenaran yang dipercaya oleh banyak orang sejak abad ke-16.

Terlepas dari apakah ramalan dari Nostradamus tersebut memang suatu kebenaran atau tidak, ilmu pengetahuan modern mencatat terdapat beberapa hal yang dipakai untuk mengukur kebenaran di antaranya berdasarkan otoritas, koherensi, pragmatis, intuisi, dan emosi. Masing-masing ukuran kebenaran tersebut memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dan harus secara bijak dipahami sesuai konteksnya. Secara khusus, Romo Galih menekankan pentingnya untuk berhati-hati dengan ukuran kebenaran yang dilandasi oleh emosi. Ukuran kebenaran berdasarkan emosi ini sering kali membuat orang dengan mudah mengambil suatu kesimpulan atas peristiwa yang terjadi, namun orang tersebut tidak siap menghadapi konsekuensi yang mengikutinya.

Oleh karena itu, Romo Galih meminta seluruh civitas akademika USD untuk mulai bergerak secara aktif memilah mana kebenaran yang sejati dan yang semu. Melalui bacaan pertama dan injil, Romo Galih ingin menyampaikan bahwa hendaknya kita jeli dalam memilih kebenaran yang memberikan kemerdekaan bagi kita dalam hidup sehari-hari, the truth will set you free (John. 8:32).

Dalam ekaristi kali ini, segenap Panitia Ekaristi Awal Semseter yang mewakili seluruh civitas akademika USD memberikan persembahan secara simbolis, berupa buku yang bermakna kebenaran karena merupakan salah satu sumber ilmu dalam dunia perkuliahan. Harapannya, perayaan ekaristi ini memberikan semangat baru dalam semester ini, baik kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa untuk selalu mengupayakan nilai-nilai kebenaran dalam dinamika hidup sehari-hari.

(Dian & Rosa)

Share this Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *