KMBK Dharma Virya

KMBK – Dharma Virya (Komunitas Mahasiswa Budhis dan Konghucu)

  1. Sejarah

Keluarga Mahasiswa Buddhis Satya Dharma (Kamadhis Satya Dharma) merupakan organisasi sosial keagamaan mahasiswa Buddhis Universitas Sanata Dharma yang menjadi cikal bakal berdirinya KMBK-DV. Berbagai dinamika yang terjadi di dalam keorganisasian Kamadhis Satya Dharma mendorong sejumlah pengurus dan anggota untuk melakukan restrukturisasi organisasi Kamadhis Satya Dharma.

Pada  tanggal 4 Desember 2010 lahirlah Komunitas Mahasiswa Budhis Konghucu Dharma Virya (KMBK-DV) disaksikan oleh Pejabat Campus Ministry, selaku perwakilan dari Universitas Sanata Dharma. Komunitas ini menjadi tempat dan sarana mendalami ajaran agama bagi mahasiswa yang beragama Buddha maupun Kong Hu Cu. Nama Dharma Virya berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti Bersemangat dalam kebenaran. Kata Dharma memiliki arti kebenaran dan Virya memiliki arti semangat.

  1. Stuktur Kepengurusan

Pengurus KMBK-DV terdiri dari Ketua,Wakil ketua, Sekretaris dan Bendahara, serta 4 divisi yang dipimpin langsung oleh ketua divisi/Koordinator (Div. Pendidikan, Div Kreasi, Div Humas dan Div Kerohanian).

  1. Visi dan Misi

Visi

Menjadikan anggota KMBK Dharma Virya sebagai pribadi yang mampu belajar dan mempraktikkan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, KMBK Dharma Virya mampu menjadikan anggotanya sebagai individu yang mampu bersosialisasi dan cakap dalam berorganisasi.

Misi

  • Memperkenalkan ajaran dan tradisi dalam agama Buddha dan Kong Hu Cu kepada anggota KMBK Dharma Virya.
  • Memfasilitasi para anggota untuk mempraktikkan ajaran agamanya.
  • Mengadakan berbagai acara yang bertujuan mempererat tali persaudaraan antar anggota serta berbagai pihak di luar KMBK Dharma Virya.
  • Memberikan kesempatan kepada anggota KMBK Dharma Virya untuk berlatih berorganisasi melalui kepengurusan dan kepanitiaan yang diadakan oleh KMBK Dharma Viriya.

Sosial Media KMBK-DV

  • IG                 : @Kmbkdharmaviriya
  • FB                 : Kmbk dharma viriya
  • E-mail          : Kmbkdharmavirya@gmail.com
  • Line              :@bfb2508iL

Share this Post